Rabu, 22 Mei 2013

BAB I

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang
Dunia periklanan pada era globalisasi ini sangat maju dan canggih, bagi orang-orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis tidak cukup hanya mengandalkan iklan dan selebaran untuk mengembangkan dan membuat bisnis yang mereka jalankan dapat maju dan dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. Persaingan dan berbagai tekanan bisnis semakin meningkat di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Salah satu contoh perkembangan teknologi adalah internet.
Ada beberapa keunggulan dari internet ialah dapat menyampaikan informasi yang ada di sebuah perusahaan atau instansi tertentu. Melalui internet-lah profil, keunggulan dan segala sesuatu tentang perusahaan tersebut dapat dipublikasikan secara luas kepada masyarakat. Oleh karena itu, agar bisnis yang dikelola dapat berjalan sukses perusahaan harus mengikuti trend internet dengan melakukan inovasi untuk mendapatkan pencapaian yang memuaskan dari bisnis mereka. Inovasi itu ialah dengan memasang iklan melalui internet dengan cara pembuatan aplikasi website.
 Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk menyusun skripsi dengan Judul ”Perancangan Aplikasi Web User Style Chooser Pada Studio Foto Mari Foto”. Sistem yang akan dibuat oleh penulis membahas tentang informasi yang diperlukan oleh pelanggan secara online.
I.2 Ruang Lingkup Permasalahan
I.2.1 Identifikasi Masalah
Adapun Identifikasi Masalah yang ditemukan penulis selama melakukan riset di Studio Foto Mari Foto adalah sebagai berikut:
1.      Informasi yang disampaikan oleh sistem yang sedang berjalan (website)  sebelumnya hanya berupa profil perusahaan (tidak dapat melakukan pemesanan Pemotretan dan juga pose-pose yang diinginkan).
2.      Proses pembuatan faktur masih bersifat manual (ditulis atau diketik).
3.      Pada proses sistem yang berjalan sebelumnya, untuk melakukan proses pembookingan jadwal pemotretan sangatlah membutuhkan Banyak waktu karena pelanggan atau pemesan harus mendatangi Studio Mari Foto.
4.      Dalam sistem yang berjalan sebelumnya Studio Foto Mari Foto belum memiliki suatu database untuk penyimpanan data-data pelanggan.
I.2.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang pembuatan skripsi ini, maka dapat dirumuskan permasalahannya menjadi beberapa bentuk permasalahan, diantaranya :
1.      Bagaimana agar website ini dapat tersebar luas dan mudah di akses oleh orang banyak.
2.      Bagaimana orang-orang tertarik dan percaya sehingga mereka memesan untuk pemotretan aneka pose yang ada di Mari Foto.
3.       Bagaimana cara melakukan publishing hasil pembuatan website user style pada studio Mari Foto agar mudah untuk didistribusikan.
I.2.3 Batasan Masalah
Batasan masalah yang akan digunakan di dalam skripsi ini adalah :
1.      Sistem aplikasi user style foto ini berbasis web.
2.      Seluruh style foto yang ditawarkan akan ditampilkan dihalaman link user style foto.
3.      Rancangan aplikasi web user chooser yang memberi informasi yang berguna yaitu suatu sistem yang diperuntukkan bagi publikasi harga paket foto, style chooser/pose dan galeri foto dari studio photo Mari Foto.
4.      Rancangan aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MY SQL

I.3 Tujuan dan Manfaat
I.3.1 Tujuan
Tujuan dari perancangan aplikasi style chooser pada studio photo Mari Foto yaitu:
1.      Untuk menarik hati pelanggan agar mau menggunakan jasa yang ditawarkan.
2.      Mempermudah fotografer dalam mengarahkan pelanggan untuk melakukan pose sesuai dengan pose-pose yang telah dipilih oleh pelanggan itu sendiri.
3.      Memberikan informasi tentang pose-pose yang ada pada Studio Foto Mari Foto sehinggan pelanggan dapat dengan mudah memilih pose-pose yang di inginkan.
I.3.2 Manfaat
            Manfaat dari perancangan aplikasi style chooser pada studio photo Mari Foto yaitu :
1.      Agar para pelanggan mengetahui daftar harga dan style galery foto yang di miliki studio Mari Foto.
2.      Aplikasi ini juga membantu para pegawai Mari Foto dalam pemilihan style yang di inginkan pelanggan.

I.4 Metodologi Penelitian
            Penulis mempelajari dasar teori dari berbagai literatur mengenai aplikasi style chooser sebagai dasar untuk melakukan penelitian selanjutnya.
  1. Prosedur Rancangan
Setelah melakukan studi literatur dan mengumpulkan data dari style – style / pose foto yang telah dikumpulkan sebelumnya, maka selanjutnya penulis mencoba merancang algoritma pemograman dan tampilan perangkat lunak yang akan direalisasikan. 
  1. Analisis Kebutuhan
Setelah melalui tahap prosedur rancangan, maka tahap selanjutnya adalah analisis kebutuhan perangkat lunak yaitu menginputkan data-data style user/pose gambar, daftar harga setiap pose gambar,seperti yang telah direncanakan dalam tahap perancangan.
  1. Spesifikasi dan Desain
Pada tahap ini dilakukan spesifikasi dan desain  perangkat lunak yang akan direalisasikan yaitu beranda website, daftar harga setiap style yang di pilih konsumen, buku tamu pengunjung website, cara pemesanan foto  dan bahasa pemograman dipakai berupa, bahasa pemograman PHP, database MySQL serta software pendukung untuk mengolah skrip menggunakan Editor HTML Macromedia Dreamweaver 8.
  1. Implementasi dan Verifikasi
Pada tahap ini akan dilakukan implementasi dan verifikasi perangkat lunak, untuk menguji apakah perangkat lunak sudah berjalan sesuai dengan yang dirancang beserta koneksi databasenya.
  1. Validasi
Tahap ini diperlukan untuk mengevaluasi kinerja dan kehandalan perangkat lunak yang dibuat mengidentifikasi kendala-kendala yang ada, misalnya kelengkapan data style chooser dan katalogin harga, maka pada tahap ini akan diusahakan untuk memperbaikinya dan menyempurnakannya.

I.5 Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan skripsi sebagai berikut :

BAB I             : PENDAHULUAN
BAB Pendahuluan ini menjelaskan tentang latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II            : TINJAUAN PUSTAKA
BAB ini menjelaskan mengenai landasan teori yang berkaitan dengan aplikasi yang digunakan dan alat yang digunakan.
BAB III          : ANALISIS MASALAH DAN RANCANGAN PROGRAM
BAB ini berisi mengenai desain rancangan aplikasi yang di bangun, kelebihan dan kekurangan aplikasi yang dibangun.
BAB IV          : HASIL DAN PEMBAHASAN
BAB ini berisi tentang hasil dan tampilan program yang dibuat.
BAB V            : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada BAB ini menjelaskan pendapat atau pemikiran penulis berupa kesimpulan dan saran dalam pengembangan sistem yang dirancang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar