Rabu, 22 Mei 2013

Perancangan Aplikasi Web User Style User Chooser Pada Studio Photo Mari Foto

PROPOSAL SKRIPSI


PERANCANGAN APLIKASI WEB USER STYLE CHOOSER PADA STUDIO FOTO MARI FOTO



Nama                                       : Erixson Tamba
NIM                                          : 07100014
Program Studi                          : Teknik Informatika Komputer


Disetujui Oleh:

Pembimbing I                                                  Pembimbing II



                       (Teguh Surya Hadinata, ST, M. Kom)              (Iwan Fitrianto Rahmad, M. Kom)                            



Ketua Program Studi





(Helmi Kurniawan, ST, M. Kom)


PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA KOMPUTER
SEKOLAH TINGGI MANAGEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(STMIK) .........
MEDAN
2011
PROPOSAL SKRIPSI
I. Judul          PERANCANGAN APLIKASI WEB USER STYLE CHOOSER PADA STUDIO FOTO MARI FOTO

II. Latar Belakang
        Dunia periklanan pada era globalisasi ini sangat maju dan canggih, bagi orang-orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis tidak cukup hanya mengandalkan iklan dan selebaran untuk mengembangkan dan membuat bisnis yang mereka jalankan dapat maju dan dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. Persaingan dan berbagai tekanan bisnis semakin meningkat di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Salah satu contoh perkembangan teknologi adalah internet.
            Ada beberapa keunggulan dari internet ialah dapat menyampaikan informasi yang ada di sebuah perusahaan atau instansi tertentu. Melalui internet-lah profil, keunggulan dan segala sesuatu tentang perusahaan tersebut dapat dipublikasikan secara luas kepada masyarakat. Oleh karena itu, agar bisnis yang dikelola dapat berjalan sukses perusahaan harus mengikuti trend internet dengan melakukan inovasi untuk mendapatkan pencapaian yang memuaskan dari bisnis mereka. Inovasi itu ialah dengan memasang iklan melalui internet dengan cara pembuatan aplikasi website.
          Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk menyusun skripsi dengan Judul ”Perancangan Aplikasi Web User Syle Pada Studio Foto Mari Foto”. Sistem yang akan dibuat oleh penulis membahas tentang informasi yang diperlukan oleh pelanggan secara online.

III. Identifakasi Masalah
Pada dasarnya perancangan situs aplikasi studio photo Mari Foto yang ingin dibuat penulis adalah sebuah website (homepage) yang isinya style chooser, katalog harga dan galeri foto milik Mari Foto, agar konsumen mengetahui penawaran yang ada di Mari Foto. Aplikasi situs web pada studio foto Mari Foto akan mempermudah konsumen memilih pose dalam pengambilan gambar yang di inginkan konsumen dan daftar paket foto yang ditawarkan studio ini.

IV. Rumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang pembuatan skripsi ini, maka dapat dirumuskan permasalahannya menjadi beberapa bentuk permasalahan, diantaranya bagaimana agar website ini dapat tersebar luas dan mudah di akses oleh orang banyak, bagaimana orang-orang tertarik dan percaya sehingga mereka memesan untuk pemotretan aneka pose yang ada di Mari Foto , dan perumusan masalah terakhir adalah bagaimana cara melakukan publishing hasil pembuatan website user style pada studio mari foto agar mudah untuk didistribusikan.

V. Batasan Masalah
            Batasan masalah yang akan digunakan di dalam skripsi ini adalah :
a.        Sistem aplikasi user style foto ini berbasis online.
b.       Seluruh style foto yang ditawarkan akan ditampilkan dihalaman link user style foto.
c.        Rancangan aplikasi web user chooser yang memberi informasi yang berguna yaitu suatu sistem yang diperuntukkan bagi publikasi harga paket foto, style chooser/pose dan galeri foto dari studio photo Mari Foto.

VI. Tujuan
Tujuan dari perancangan aplikasi style chooser pada studio photo Mari Foto yaitu:
a.        Untu menarik hati pelanggan agar mau menggunakan jasa yang ditawarkan.
b.       Mempermudah fotografer dalam mengarahkan pelanggan dalam memilih pose salam pengabadian gambar.
c.        Memberi informasi, persuasi, mengingatkan pelanggan, menambah nilai dan
juga bisa membantu usaha lainnya.

VII. Manfaat
            Manfaat dari penelitian ini adalah agar para konsumen mengetahui daftar harga dan style galery foto yang di miliki studio Mari Foto. Aplikasi ini juga membantu para pegawai Mari Foto dalam pemilihan style yang di inginkan konsumen.

VIII. Lokasi
Pembuatan skripsi ini mengambil tempat penelitian di Studio Mari Foto Medan.

IX. Metodologi Penelitian
            Penulis mempelajari dasar teori dari berbagai literatur mengenai aplikasi style chooser sebagai dasar untuk melakukan penelitian selanjutnya.
  1. Prosedur Rancangan

Setelah melakukan studi literatur dan mengumpulkan data dari style – style / pose foto yang telah dikumpulkan sebelumnya, maka selanjutnya penulis mencoba merancang algoritma pemograman dan tampilan perangkat lunak yang akan direalisasikan.


  1. Analisis Kebutuhan
Setelah melalui tahap prosedur rancangan, maka tahap selanjutnya adalah analisis kebutuhan perangkat lunak yaitu menginputkan data-data style user/pose gambar, daftar harga setiap pose gambar,seperti yang telah direncanakan dalam tahap perancangan.
  1. Spesifikasi dan Desain
Pada tahap ini dilakukan spesifikasi dan desain  perangkat lunak yang akan direalisasikan yaitu beranda website, daftar harga setiap style yang di pilih konsumen, buku tamu pengunjung website, cara pemesanan foto  dan merancang program .

  1. Implementasi dan Verifikasi
Pada tahap ini akan dilakukan implementasi dan verifikasi perangkat lunak, untuk menguji apakah perangkat lunak sudah berjalan sesuai dengan yang dirancang beserta koneksi databasenya.
  1. Validasi
Tahap ini diperlukan untuk mengevaluasi kinerja dan kehandalan perangkat lunak yang dibuat mengidentifikasi kendala-kendala yang ada, misalnya kelengkapan data style chooser dan katalogin harga, maka pada tahap ini akan diusahakan untuk memperbaikinya dan menyempurnakannya.


X. Tinjauan Pustaka
Fotografi studio adalah jenis fotografi yang pada awalnya banyak dilakukan di dalam ruangan untuk menciptakan gambar sesuai keinginan fotografer. Fotografi jenis ini memerlukan banyak campur tangan teknis agar gambar yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan yang direncanakan. Prinsip fotografi adalah memokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghailkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa) (Sumber:www.wikipedia.org/fotografi-studio. Diakses tanggal 1 juni 2011).
Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya. Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit, dan lainnya. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan, mengatur dan mengirimkan paket- paket pengiriman data. Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa Internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan sebagainya. Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan email, menghubungkan komputer satu ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain. (http://www.sejarah-Internet.com/pengertian-Internet/. Diakses tanggal 29 Mei 2011).
Banyak jenis software yang dapat digunakan untuk merancang situs web. Penulis menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan untuk database digunakan MySQL serta Macromedia Dreamweaver 8 sebagai text editor, dan Macromedia flash 8 sebagai animasi. Adapun alasan penulis menggunakan software tersebut yaitu:
a.        PHP dapat digunakan bersama dengan HTML sehingga memudahkan dalam  membuat aplikasi web dengan cepat.
b.       Dapat digunakan untuk menciptakan dynamic website baik itu yang memerlukan penggunaan database ataupun tidak.
c.        Kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepat.
d.       MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
 (Sumber:http://learning.unla.ac.id/ft/praktikum/sim_tutorial/dreamweaver/dreamweaver8.pdf. Diakses tanggal 1 Juni 2011).

XI. Jadwal Pelaksanaan
Bagan dibawah ini merupakan Bagan Gantt yang berisi jadwal kegiatan penulisan skripsi penulis.


  
XII. Bahan Bacaan

Al Fatta, Hanif, 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi : Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern”. Yogyakarta : ANDI.
Juju, Dominikus. 2006. ”Tip dan Trik Desain Web untuk Pemula”. Edisi1. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo.
Laudon, Kenneth C. dan Laudon, Jane P. 2007. ”Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital”. Edisi 10. Terjemahan Chriswan Sungkono dan Machmudin Eka P. Jakarta: Salemba Empat.
Madcoms. 2005. ”Membuat Aplikasi Database Karyawan Online Berbasis WEB dengan PHP dan MySQL”. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.
Madcoms. 2008. ”Membuat Desain Web untuk Pemula”. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.
Mutmainah, Siti dan Hakim, Lukmanul. 2003. ”Rahasia dan Trik Membuat Situs Cantik”. Edisi 1. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Prasetyo, Didik Dwi, 2003. Belajar Sendiri Database Server MySQL”, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar